Bidang Sekretariat

Struktur:


Tupoksi Bidang:

Sekretaris, mempunyai tugas pokok membantu Kepala Badan mengkoordinasikan perumusan program kerja dan keuangan, menyelenggarakan urusan adminstrasi umum, perkantoran dan kehumasan, kepegawaian serta analisis jabatan.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Sekretariat mempunyai fungsi:

  1. Pengkoordinasian perencanaan dan pelaksanaan program kerja badan;
  2. Pengelolaan Administrasi Umum dan Perkantoran meliputi ketatausaha, ketatalaksanaan, kepustakaan dan kearsipan penyediaan sarana dan prasarana kerja serta rumah tangga badan;
  3. Perumusan Standar Operasional Prosedur (SOP) kerja Badan;
  4. Perumusan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja Badan;
  5. Pelaksanaan Pembinaan pola hubungan kerja, baik internal maupun lintas badan;
  6. Pengelolaan urusan administrasi kepegawaian badan;
  7. Pengkoordinasian pelaksanaan analisis jabatan, analisis beban kerja dan standar kompetensi jabatan badan;
  8. Pengkoordinasian kegiatan kehumasan dan keprotokolan serta pengelolaan data dan informasi badan;
  9. Pelaksanaan penatausahaan keuangan badan;
  10. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan program kerja badan;
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Tupoksi Sub Bagian Umum & Kepegawaian:

Kepala Sub Bagian Umum, kepegawaian mempunyai tugas pokok membantu Sekretaris melaksanakan urusan adminstrasi umum, perkantoran serta kehumasan, menyelenggrakan urusan administrasi kepegawaian, analisis jabatan serta pengusulan pendidikan dan pelatihan pegawai.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Sub Bagian Umum, kepegawaian mempunyai fungsi:

  1. Perhimpunan dan penelaahan peraturan perundang-undangan, petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lain berkaitan dengan Bidang umum, Kepegawaian;
  2. Penyusunan rencana program dan kegiatan serta pelaksanaan pada Sub Bagian umum, Kepegawaian;
  3. Pembagian tugas, pemberian petunjuk serta pengvaluasian hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. Pelaksanaan adminstrasi Umum, meliputi ketatausahaan, ketatalaksanaan, kepustakaan, kearsipan, dan penyusunan database pegawai Dinas.
  5. Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) kerja dilingkup Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  6. Penyusunan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja dilingkup Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  7. Penyusunan rencana kebutuhan dan pelaksanaan pengadaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana kerja;
  8. Pelaksanaan inventarisasi, pendistribusian, penyimpanan, perawatan dan usulan pengahapusan sarana dan prasarana kerja;
  9. Penataushaan Aset Satuan Kerja Perangkat Daerah;
  10. Pelaksanaan kegiatan kehumasan dan keprotokolan serta pelayanan penerimaan tamu dinas;
  11. Pelaksanaan pengurusan perjalanan dinas, kebersihan kantor, keamanan kantor serta pelayanan kerumahtanggaan lainnya;
  12. Penyusunan laporan pelaksanaan program dan kegiatan serta realisasi anggaran Subbagian umum, Kepegawaian;
  13. Pelaksanaan fasilitasi pembinaan pegawai dan administrasi kepegawaian Dinas;
  14. Pengoordinasian pelaksanaan Analisis Jabatan Beban Kerja dan Standar Kompetensi pegawai Badan;
  15. Pelaksanaan pengusulan pendidikan dan pelatihan pegawai Badan;
  16. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Tupoksi Sub Bagian Program & Keuangan:

Kepala Subbagian Program dan Keuangan mempunyai tugas pokok membantu Sekretaris penyusunan rencana program dan kegiatan, penyusunan standar pelayanan, penghimpunan data-data, penatausahaan keuangan, pengurusan gaji serta penyusunan laporan kinerja Badan.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Subbagian Program dan Keuangan mempunyai fungsi :

  1. Perhimpunan dan penelaahan peraturan perundang-undangan, petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lain berkaitan dengan Bidang program dan keuangan;
  2. Penyusunan rencana program dan kegiatan serta pelaksanaan pada Sub Bagian Program dan Keuangan;
  3. Pembagian tugas , pemberian petunjuk serta pengevaluasian hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. Pengkoordinasian penyusunan rencana dan pelaksanaan program dan kegiatan Badan;
  5. Penyusunan rencana kerja anggaran dan dokumen pelaksanaan anggaran Badan;
  6. Penghimpunan dan pengdokumentasian data informasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan pelayanan publik, program dan kegiatan serta penyiapan bahan rapat Badan;
  7. Pengkoordinasian dan penyusunan laporan pencapaian penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM);
  8. Pengkoordinasian dan Penyusunan Standar pelayanan Publik (SPP);
  9. Pelaksanaan fasilitasi pengukuran indeks kepuasan masyarakat (IKM);
  10. Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Badan;
  11. Pelaksanaan Pengajuan, perubahan, pemotongan dan pendistribusian gaji pegawai;
  12. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas satuan pengelola keuangan dinas;
  13. Pelaksanaan monitoring, evaluasi, pengendalian dan pelaporan pelaksanaan program dan kegiatan serta realisasi anggaran Badan;
  14. Penyusunan laporan pelaksanaan program dan kegiatan serta realisasi anggaran Subbagian program dan keuangan;
  15. Penyusunan laporan keuangan dan kinerja Badan;
  16. Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) kerja dilingkup Sub Bagian Program dan Keuangan;
  17. Penyusunan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja dilingkup Sub Bagian Program dan Keuangan; dan
  18. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sumber: (PERATURAN BUPATI MERANGIN NOMOR 26 TAHUN 2018)

21 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini